Thursday 16 April 2015

sabar kang



 Galau, istilah ini pasti tidak asing lagi untuk kawula muda, istilah yang menunjukkan keadaan sedih gundah dulana ini sering wara wiri di sosial media sebagai ekspresi anak muda dilanda cinta. Masa muda masa penuh cerita adalah istilah yang benar adanya, disini manis pahitnya kehidupan dimulai, istilahnya sih untuk belajar menjadi dewasa yang sejati.

Namun apakah kita bisa mengandalkan masa muda untuk menjadi dewasa yang sejati?

Tidak usah anda jawab pertanyaan itu, cukup anda jawab dalam hati dan buktikan dengan perbuatan sehari hari kita. Mengandalkan masa muda untuk pembelajaran di masa dewasa bukanlah hal yang salah, itu menurut saya. Contohnya saja tentang kesabaran kita dalam menjalani masalah, mengalahkan maksiat dan menghadapi musibah. Orang berkata kesabaran itu ada batasnya, gaya anak muda bilangnya sabarku itu kuotanya cuma 2 Gb. Akan tetapi seorang doctor memberiku inspirasi bahwa kesabaran itu harus tak terbatas, atau istilah gaulnya tu unlimited. Karena kata kata kesabaran itu ada batasnya adalah ekspresi orang yang tidak sabar untuk menutupi kekurangannya itu.

Ya semua boleh berpendapat, tapi sepertinya itu akan menjadi pro kontra tersendiri jika dibahas terlalu jauh. Sabar memang sangat mudah diucapkan akan tetapi akan menjadi sulit dilakukan pada saat terjadi pada keadaan nyata. Ga usah jauh jauh, saya Novicha Andika, 22 Tahun lelaki yang bisa dibilang menginjak dewasa (kok dewasa diinjak ya????). saya sangat sulit mengendalikan ego, sulit untuk mampu bersabar lebih jauh dari biasa saya lakukan.

Ilmu sabar memang mengendalikan diri dan emosi(nafsu), tapi pada prakteknya saya harus menahan otak, berserta semua perintah yang diberikannya kepada otot dan aliran darah saya…..dan itu tidak mudah. Saya belajar sabar dari keadaan yang saya hadapi sehari-hari,,tekanan tekanan yang saya hadapi membuat saya berpikir bagamana caranya sabar, dan sampai saat ini Alhamdulillah saya belum cukup sabar…hehehe

Terus apa hubungannya dengan judul diatas?

Biasanya seseorang akan lebih bisa bersabar dalam segala hal kecuali dalam urusan hati, yaps masalah hati. Perasaan sangatlah sensitive untuk disentuh apalagi disentuh dengan kasar sehingga menyebabkan goresan. Kesabaran akan langsung menghilang tatkala perasaan tersakiti dan terhina, dan hanya orang dengan tingkat kesabaran super duper yang mampu tetap bersabar dalam keadaan ini.

Tentu saya belum mencapai level ini,,,saya sangat sensitive saat perasaan saya merasa disakiti….sekejap pula kesabaran yang saya bangun lenyap begitu juga. Semua masalah nampaknya menjadi kecil tatkala masalah perasaan muncul, karena jujur dalam hal ini saya begitu lemah.

Tumbuh sebagai anak pemalu karena dari kecil memiliki badan yang cukup besar perut buncit membuat percaya diri saya didepan wanita begitu rendah. Mengikuti organisasi membuat saya berani tampil didepan tapi saat ada gadis mendekat Tanya nyali langsung terjun bebas tanpa parasut. 

Mungkin cerita ini ga mutu untuk dibaca, tapi pada intinya mencoba dan mencoba mengelola kesabaran bukanlah hal yang buruk. Sebab itu akan menjadikan kita akan menjadi dewasa yang bijak. Semoga dengan menulis ini bisa menginspirasi saya sendiri untuk lebih menambahkan kesabaran supaya kelak mampu menjadi seorang suami dan ayah yang baik untuk keluarga di dunia akhirat…aamiin….Wallahu ‘Alam Bisshowab

No comments:

Post a Comment

terima kasih atas komentar anda

copyright 2017 adinda30