Thursday 30 October 2014

Perkembangan TIK



BAB I

PENDAHULUAN

Di era globalisasi seperti sekarang ini,perkembangan teknologi tidak mampu di bendung kembali. Utamanya adalah dalam hal perkomputeran. Setiap tahun pasti akan mengalami pergantian mode seiring dengan kemajuan pola pikir serta kemampuan manusia untuk membuat inovasi baru sehingga munculah beragam bentuk serta jenis komputer dengan kecanggihan yang tidak luput dari perhatian.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika sebagai manusia yang sadar akan perkembangan khususya dalam bidang teknologi, tidak begitu saja melupakan sejarah awal mula keberadaan komputer, sehingga kekayaan pengetahuan kita akan semkin bertambah dengan adanya pengetahuan mengenai hal tersebut. Selain itu kesadaran dari diri kita sendiri untuk terus menaikkan kualitas diri kita untuk berupaya kreatif serta terus berinovasi dalam hal untuk peningkatan perkembangan teknologi itu sendiri.

Adanya kombinsi antara pengetahuan sejarah komputer dengan perkembangan komputer akan membawa dampak semakin meningkatnya motivasi kita untuk selalu berkembang dalam hal memenuhi kebutuhan kita akan teknologi serta demi memberi kemudahan khususnya bagi manusia yang sehari-harinua tidak pernah lepas dengan teknologi. Itulah tujuan dari makalah ini, semoga memberi nilai kemanfaatan serta memperkaya khasanah keilmuan kita akan dunia teknologi khususnya adalah sejarah serta perkembangan komputer.

A. Latar Belakang masalah

Di era globalisasi seperti sekarang ini, komputer sudah bukan menjadi barang tersier lagi, melainkan menjadi barang yang vital bagi kehidupan manusia. Aktivitas manusia yang di tuntut serba cepat mengharuskan manusia untuk menguasai teknologi, utamanya adalah komputer. Jika dulu komputer hanya dimiliki oleh segelintir orang, namun sekarang menjadi kebutuhan primer. Kita tentu sangat memahami apa manfaat dari komputer itu sendiri, yakni selain mempermudah sejumlah kegiatan manusia, juga memiliki 4 fungsi seperti yang di tuliskan oleh Williams Stallings dalam bukunya yang berjudul Computer Organization and Architecture, 4e: Designing for Perfomance (Organisasi dan Arsitektur Komputer, Perancangan Kerja) yakni pengolahan data, penyimpanan data, pemindahan data, seta kontrol. Kesemua fungsi itu sangat tidak lepas dari sejarah awal mula adanya komputer yang pada waktu itu hanya di rancang untuk keperluan alat kebutuhan perang Amerika Serikat.

Kita seringkali, khususnya bagi generasi muda, tingkat pengetahuan akan sejarah komputer mengalami penurunan, tahu cara memakainya tanpa tahu bagaimana, kapan serta mengapa komputer itu di ciptakan. Tentu ini sangat bertolak belakang dengan kemampuan mereka mengoperasikan komputer itu sendiri. Ditengah rasa kemirisan ini, penulis berusaha memberikan informasi tntang sejarah serta perkembangan komputer agar mampu menjadi sebuah bahan referensi yang meningkatkan kepekaan kita akan perkembangan komputer.

B. Rumusan Masalah

Setelah mengetahui latar belakang masalah, diperoleh sebuah rumusan masalah yang akan menjadi pembahasan pada makalah ini. Yaitu adalah

1. Bagaimana sejarah awal mula terciptanya komputer?

2. Bagaimana perkembagan komputer dilihat dari segi fungsi dan ukuran?

4



BAB II

TUJUAN DAN MANFAAT

A. Tujuan

Berdasarkan Rumusan Masalah yang kami paparkan, Makalah ini memiliki tujuan sebagai berikut :

1. Untuk mengetahui seta memahami sejarah perkembangan komputer

2. Untuk memahami perkembangan komputer dari segi fungsi dan ukuran

B. Manfaat

Adpun manfaat makalah ini adalah sebagai berikut :

Bagi Penulis :

1. Memberikan wawasan dalam menulis sebuah makalah.

2. Menambah pengalaman dalam menulis sebuah laporan atau pemaparan.

Bagi Pembaca :

1. Diharapkan makalah ini mampu memberi sumbangan pengetahuan akan sejarah komputer.

2. Serta mampu menjadi bahan referensi akan perkembangan komputer dari segi fungsi dan ukuran.



BAB III

PEMBAHASAN

A. Sejarah Komputer

1. Pengertian Komputer

Dikutip dari Wikipedia Indonesia[1], komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirimuskan. Awalnya istilah komputer digunakan untuk menyebut orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika baik menggunakan atau tanpa alat bantu.

Secara garis besar, komputer dapat diartikan seperangkat komponen (hardware, software, brainware) yang bekerja sama untuk mengolah data menggunakan perintah- perintah yang telah didisain sedemikian rupa untuk menghasilkan sebuah informasi yang diinginkan.

2. Sejarah Awal Terciptanya Komputer

5


Dalam bukunya[2] ,Syahrul menjelaskan bahwa dahulu di awal pengembangan komputer di capai dengan kerjasama proyek antara universitas dengan dana yang berasal dari pemerntah. Komputer elektronik pertama kali di esain oleh Universitas Pennsylvania dengan teknologi tabung hampa. Komputer pada saat ini merupakan hasil kombinasi dari upaya para ilmuwan sekitar 60-70 tahun yang lalu. Kebutuhan akan komputasi yang cepat oleh militer Amerika Serikat mempunyai kontribusi yan penting dalam penemuan komputer dahulu, sedangkan pengembangan saat ini banyak di dasari oleh kebutuhan industry.

Untuk membahas lebih dalam tentang sejarah computer tentu tidak akan lepas dari nama Charles Babbage, sang Bapak Komputer, yang menciptakan komputer pertama sebagai alat hitung otomatis. Sejarah berawal dari tiga ratus tahun sebelum tahun 1900-an sejumlah teknologi mesin yang kompleks semakin meningkat seperti konstruksi roda gear, pengungkit dan katrol di gunakan untuk melakukan operasi-operasi dasar seperti penjumlahan, perkalin dan pembagian Itulah yang mendasari bagi Charles Babbage yang di kenal dengan Difference Engine 1, dan menjadi karya yang fenomenal pada saat itu.

Ia menciptakan alat hitung pertama pada tahun 1800’an yang kemudian menjadi dasar pengembangan komputer pada saat ini. Kartu berlubang pada mesin itu memungkinkan digunakan untuk mngontrol secara otomatis serankaian daftar kalkulasi dan telah mampu untuk di program.Keluar atau yang disebut komputasi dapat disimpan pada kartu berlubang atau di cetak pada kertas. Relai elektromekanik digunakan untuk penyambungan system telepon pada awalnya, kemudian digunakan untuk melakukan fungsi logika dalam komputer yang di bangun dalam perang Dunia II. Karyanya yang sangat rumit itu kini disimpan di Museum of Science di London.

Itulah sejarah singakat mengenai komputer, kemudia pada sub bab selanjutnya akan di bahas perembangan komputer.

B. Perkembangan Komputer

Dalam perkembangannya, komputer memiliki generasi. Generasi komputer dapat di bagi menjadi lima generasi yaitu komputer generasi pertama pertama hingga generasi ke lima

1. Komputer Generasi Pertama

Komputer ini ada pada tahun 1945 hingga tahun 1958. Komputer ini menggunakan teknologi tabung hampa. Komputer ini memiliki kecepatan akses yang cepat. Yang termasuk komputer jenis ini adalah komputer ENIAC (Electronic Numerik Indicator and Komputer). ENIAC memilik ukuran yang sangat besar. Beratnya sekitar 30 ton,panjangnya 30 meter, serta tingginya 2,4 meter. Selain itu, ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder dengan membutuhkan daya 160kW. Komputer jenis ini di kembangkan di Pensylvania, fungsinya untuk mempermudah balestik agkata laut Amerika Serikat. Jenis kedua adalah komputer EDVAC. Lalu komputer IAS yang memiliki fungsikerja yang tinggi, serta kecepatan akses yang lebih meningkat.

2. Komputer Generasi Kedua

Komputer generasi kedua di mulai dengan penemuan Transistor pada Tahun 1948. Akibat dari penemuan ini, ukuran mesin elektrik menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi pertama. Selain itu program bahasa komputer yang digunakan juga berubah menjadi Bahasa Assembley, yaitu bahasa dengan menggunakan singkatan – singkatan. Komputer generasi ini digunakan pada tahun 1958 hingga 1966.

Komputer generasi ini berfungsi untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersifat ilmiah maupun komersial. Contoh dari komputer generasi ke dua adalah LARC yang digunakan untuk penelitian atom. Sedangkan yang paling terkenal adalah IBM 1401, yang digunakan untuk penghitungan uang di dunia industry.

3. Komputer generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga ini ditandai dengan penemuan IC( integrated circuit) oleh Robert Noyce 1958. Mini kompeter membuat kesempatan kerja yang lebih banyak untuk komputer professional.

Komputer generasi ke empat adalah LSI (large scale integration). Komputer jenis ini digunakan pada tahun1972 hingga 1978.Memiliki jenis transistor yang mampu di tanamkam pada sebuah chip.

Teknologi LSI menyediakan kapasitas chip yang lebih padat. Memiliki bentuk yang sederhana,serta memiliki biaya yang relative rendah.

Komputer generasi kelima, adalah pada tahun 1978 hingga sekarang. Komputer yang menggunakan teknologi VSLI ini meningkatkan kepadatan teknologo LSI pendahulinya. Komputer ini lebih mudah da bentuknya lebih sederhana. Diperkembangan selanjutnya, muncullah istilah PC(Personal Komputer). Komputer portable berbentuk sangat ringan dan mudah di bawa kema-mana, operasi ketahana baterai sekalipun dalam perjalanan.

Komputer ini telah memiliki hubungan dengan interent. Memiliki sytem server yang cepat dan berkapasitas besar sehingga mampu mengematsumber daya pada client system

Komputer ini menggabungkan data, suara dan gambar sehingga dapat memunculkan aplikasi baru seperti seperti hiburan, pendidikan, informasi, dan lain-lain.

Komputer yang di lengkapi dengan basis internet, memungkimkan kita dapat meng akses apapun dari kegiatan belajar, sampai belanja.

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari makalah ini dapat kita simpulkan bahwa sejarah penemuan komputer di awali karena kebutuhan manusia akan alat hitung, dan perkembangan komputer memeiliki lima generasi , yang masing-masing generasi memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.

B. Saran

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, ke depannya penulis akan lebih focus dan detail dalam menjelaskan tentang makalah Sejarah dan Perkembangan Komputer dengan sumber-sumber lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan, serta dapat lebih I pahami oleh pembaca.









9






DAFTAR PUSTAKA

William Stallings, 1998, Organisasi Dan Arsitektur Komputer (Komputer Organizazion And Archicture, 4e: Designing for Perfomance): PT. Ikrar Mandiriabadi, Jakarta

Syahrul, 2010, Organisasi dan Arsitektur Komputer : Penerbit ANDI Yogyakarta, Yogyakarta



MAKALAH

Tugas Pengantar Sistem Informasi

“Sejarah dan Perkembangan Komputer”

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfmjZNvIWZXkYAa6owghxaXzawyJsmwTOr17reM8hLD7VLR2FZ

Oleh :

RINDA HANDAYANI

140110301039

Universitas Negeri Jember

Fakultas Sastra

Jurusan Sejarah

2014




KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena limpahan rahmat serta berkahnyalah maka saya di izinkan menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Makalah yang berjudul “Sejarah dan perkembangan Komputer” semoga memberikan manfaat serta memberikan bahan referensi baru bagi para pembaca.

Melalui kata pengantar ini saya meminta maaf yang sebesar-besarnya, apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati para pembaca. Saya mengakui banyak sekali kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam makalah ini, oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik serta saran dari pmbaca demi perbaikan menuju kea rah yng lebih baik.

Demikianlah makalah ini saya buat, semoga member kesan, manfaat serta keridha’an dari Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin

Penulis






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah

B. Rumusan Masalah

BAB II TUJUAN DAN MANFAAT

A. Tujuan

B. Manfaat

BAB III PEMBAHASAN

BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

[1] http://id.wikipedia.org/wiki/komputer

[2] Syahrul, 2010, Organisasi dan Arsitektur Komputer : Penerbit ANDI Yogyakarta, Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

terima kasih atas komentar anda

copyright 2017 adinda30